Cari Blog Ini

Sabtu, 16 Maret 2013

Studi Kasus RPC ( Remote Procedure Cell )


Tugas Pengantar Sistem Terdistribusi ke-2

Sebelum masuk kedalam Studi Kasus RPC ( Remote Procedure Cell ) saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan RPC.

Definisi RPC
RPC adalah suatu protokol yang menyediakan suatu mekanisme komunikasi antar proses yang mengijinkan suatu program untuk berjalan pada suatu komputer tanpa terasa adanya eksekusi kode pada sistem yang jauh (remote system). RPC mengasumsi keberadaan dari low-level protokol transportasi seperti TCP atau UDP untuk membawa pesan data dalam komunikasi suatu program. Protokol RPC dibangun diatas protokol eXternal Data Representation (XDR), yang merupakan standar dari representasi data dalam komunikasi remote. Protokol XDR mengubah parameter dan hasil dari tiap servis RPC yang disediakan.

Studi Kasus RPC
Contoh studi kasus RPC yaitu pada jasa penge-print-an di rental pengetikan yang di dalamnya terdapat 1 komputer server, beberapa komputer client dan sebuah printer yang hanya terhubung dengan server. User dari computer client ingin mencetak data dari komputernya. Biasanya user memindah data dengan bantuan device external seperti disket, flash disk, hard disk, atau cd-rw. Namun dengan RPC hal tersebut akan menjadi lebih efisien. Solusi : Dengan RPC, untuk mencetak data dari computer client, computer client mengirim pesan “cetak” kepada computer server. Kemudian computer server menerima perintah tersebut dan kemudian menjalankan perintah mencetak data. Setelah itu server mengirimkan pesan pada client berupa informasi “file telah dicetak”. 


Sumber :

http://xceaster.files.wordpress.com  (Tanggal Akses: 17 Maret 2012)
http://saiankamuh.blogspot.com/.../makalah-sistem-terdis... (Tanggal Akses: 17 Maret 2012)
http://www.stiki.ac.id/uploads/file/Silabus/Sistem_Terdistribusi_S1.pdf  (Tanggal Akses: 17 Maret 2012)



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG DI MY BLOG||TINGGALKAN JEJAK KALIAN DISINI||TERIMAKASIH||